Singapore Backpacker Holiday 3-7 Juli 2016-My Story Diary
kali ini aku ingin share tentang Backpacker Holiday kami ke Singapura tanggal 3-7 Juli 2016 lalu.
Ini kali pertama aku jalan-jalan ke luar negeri (kasian banget) setelah buat paspor pertama kali di akhir 2015.
Kali ini personilnya ada yang berbeza yah.. berjumlah 10 orang dimulai dari kiri yaitu Koh Herdi, Alvita, Sugi (my husband), Ci Novi, Ci Dewi, Susanto (behind Ci Dewi), Me, Ci Herna, Daniel (behind Herna), and Henny Tamtam.
Sebelum merencanakan pergi berlibur ke Singapur ini, My husband bersama Santo sudah jauh-jauh hari membuat perencanaan itinerary dan belajar jalur MRT Singapura secara otodidak, mulai dari mendonload aplikasi MRT Singapura via Play Store, karena keinginan pergi berlibur murah dengan cara backpacker maka mereka mengumpulkan niat yang amat sangat matang dalam merencanakan perjalanan ini, maklum, mereka jenis orang-orang yang terstruktur, sudah biasa dengan acara-acara adaan kantor mereka di salah satu bank swasta besar di Indonesia, itung-itung belajar jadi tour guide yah, hehehe ^^
Jauh hari kita sudah membeli tiket pesawat dan penginapan via aplikasi Traveloka, dengan aplikasi Traveloka benar-benar membuat rencana liburan jadi lebih gampang, karena pilihan hotel banyak bisa sort dari yang termurah (maklum cari yang murah tapi gak murahan Sis, hehehe).
Akhirnya kami book tiket pesawat Lion Air Pontianak-Batam PP yang seingatku harganya 400ribuan gitu sekali flight, jadi PP itung-itung 800an lah ya..., dan penginapan kami pilih di Gusti Bed Singapore (selengkapnya bisa lihat DI SINI ).
Berikut penampakan saat kami lagi di bandara ...
Kok hanya 9 orang?! Yang namanya Daniel mana?? tenaangg.. si ganteng yang satu itu tidak stay di Pontianak, kebetulan ia bekerja di Jakarta jadi Daniel ini pake pesawat Jakarta-Batam, hehehe
Cuss... berangkat ke Bandara pukul 12.30 WIB , pukul 13.55 WIB pesawat Pontianak-Batam, terus sampai di Batam sekitar pukul 15.00 WIB , kita pake 2 mobil taksi untuk ke Batam Center. Oh iya, untuk pergi ke Singapore ini kita pake kapal ferry gitu dari Batam Center, perjalanannya hanya 1jam dan biayanya juga terjangkau, karena sudah di hitung-hitung dari awal oleh abang-abang kita, memang lebih murah pakai pesawat terus transit ke Batam pakai kapal ferry dibanding langsung pake pesawat, hehehe (lagi-lagi ala backpacker ya cari yang murah meriah)
Kita pake kapal Majestic Fast Ferry ...
Bisa lihat referensi dan jadwalnya DI SINI !!
Pake kapal ini nyebrang ke Singapura enak banget, gak terasa, santai kayak di pantai, tempat duduknya nyaman, bersih, rapi, dingin, ada TV, toilet, jendela, pintu, wah pokoknya lengkap deh :'D
Worthed banget terus yang penting murah! hehehe
Setelah sampai di Harbour Front sekitar pukul 19.30 WIB, masuklah kita di bagian pemeriksaan imigrasi, setelah itu cuss ke penginapan. Disini saya bener-bener lupa (pelupa) bagaimana caranya kita ke Gusti Bed ini *cry* wkwkwk... kayaknya pake MRT deh, soalnya di Harbour Front itu ada mall, dan setiap mall di Singapura itu MRT semua dibawahnya, hehehe... mulailah mereka abang-abang itu mempelajari dan menelaah :D
Terus karena saya baru pertama kali ke Singapura, saya pinjem MRT Card punya temennya suami, jadi gak perlu buat baru pas di MRT Singapore, tinggal isi ulang aja. Lagi-lagi saya lupa yah, berapa minimum isi ulangnya, maafkan daku *cry*, pake kartu ini praktis banget, tinggal tap tap tap jalan tap tap tap jalan :D
Pakai MRT Singapore ini cepat banget dari satu tempat ke tempat lain, terus di MRT kita gak boleh makan, minum, apalagi merokok, bisa kena denda karena setiap gerbong ada CCTV yang terhubung ke MRT Center kali yaa jadi mereka bisa tahu gitu dan bisa cari tahu identitas pelanggar,, hiiiii~
Satu lagi yang saya salut, di MRT semua orang sangat fleksibel dan cepat banget jalannya, kayak orang Jepang, laju banget, awal-awal sih iya yaa semangat banget ngikutin cara jalan mereka, tapi sumpah satu hari jalan bakal berasa apalagi setiap pagi kami keluar terus pulang minimal sampe guess house jam 12 malam, semua itu kita lakukan dengan "berjalan kaki" :"D sampai-sampai ada satu kejadian di Bugis Street sepatu saya yang masih bagus dan baru rusak bagian bawahnya (padahal sepatu beli di Elizabeth gak murah-murahan amat khan) dan terpaksa beli sendal di Bugis Street seharga 100rb (padahal di Indo apalagi di tempat saya Pontianak, sendal dengan model yang sama bisa didapatkan dengan harga 35rb-50rb paling-paling, apalagi beli di KP :D *cumaorangpontianakyangtahu*
Back to story, 40 menit perjalanan ke penginapan sekitar pukul 20.00 WIB sampai, kalian bisa lihat penampakan Guess house kita di Gusti Bed seperti link di atas tadi, bersih, dan pelayanannya lumayan oke lah, kita semua satu kamar, dan kasurnya itu yang bertingkat seperti kasur anak asrama gitu loch, jadi kebayang betapa ramenya, serunya, begadangnya, hehehe... untuk kamar mandi bersih dan terpisah antara pria dan wanita, kemudian ada kitchen set, bisa masak air, dan sebagainya.
Setelah selesai dengan ritual beres-beres dan mandi, kita cari makan malam. Gusti Bed ini letaknya dekat Burger King dan outlet Subway, jadi mereka yang suka ama burger king bisa tiap malam mereka pergi nongki disana :'D ada juga food court di MRT Lavender, yang menyuguhkan berbagai makanan, kebanyakan makanan ala chinese, ada nasi lemak, dsb, tapi menurutku nasi lemak Singapura kalah jauh sama nasi kuning Siantan deh :D mana mahal lagi >,< rata-rata makanan di Singapore minimal 50rb jika di rupiahkan, kalau ada yang lebih murah dari itu, dijamin gak enak beneran :D bukan maksudnya jelek-jelekkin, tapi selama aku di Singapore gak ada makan nasi, ada makan cuma 2 kali aja, dan gak tahu kapan makan nasi di hari apa, selain itu makan makanan yang penting kenyang aja dan murah xD *alabackpacker*
Esok hari tanggal 4 Juli 2016, tujuan utama kita adalah Universal Studio Singapore *YAIY* \^0^/ #singaporebanget
Oy, kita beli tiket USS via tour travel di Pontianak, dan sampai sekarang aku gak tahu harganya berapa, soalnya dibayarin *uhuy* wkwk, kalau kalian mau lebih murah, kadang-kadang di Elevenia dan Traveloka juga ada promo potongan harga untuk tiket-tiket seperti USS ini, kalau kalian beruntung yah :B
Pukul 06.00 WIB kita giliran bangun dan mandi, setelah itu pergi sarapan bareng di food court MRT Lavender. Setelah sarapan, cuss kita ke MRT buat berangkat ...
Daaannn.... pukul 10.00 WIB telah tiba, kita masuk ke UNIVERSAL STUDIO SINGAPORE *uhuy*
di part ini banyak foto-fotonya yah ...
![]() |
| #IconSingaporeBanget |
![]() |
| Ini foto di Madame Tussauds yang belum sepenuhnya rampung waktu itu |
![]() |
| Icon Minion |
![]() |
| Habis main The Mummy SERU ABISS!! Antri gelap-gelapan dan gak boleh bawa tas, HP, dan kamera |
![]() |
| Antri sebelum nonton The Shrek 4D |
![]() |
| Transformer bareng Bubble Bee |
![]() |
| Antri hampir 3 jam main Transformer 4D yang cuma 15 menit *demi* muka sampe uda kucel |
![]() |
| Rameee Cyiiinnn ... |
![]() |
| Bawa botol buat isi ulang air minum gratis di USS *wkwk* secara air di Singapore mahal |
![]() |
| My Castle |
![]() |
| Selagi aku, Herdi, dan Henny naik Roller Coaster, yang cemen pada nungguin |
![]() |
| Naik Roller Coaster ini, rasanya kiamat, gak berani buka mata, cukup sekali seumur hidup, thanks! |
![]() |
| Nyantai dulu habis main |
Esoknya kita ke Raffles Place, tempat gedung kantor-kantor besar Internasional berada
![]() |
| Lupa nama mall yang ada sungainya *maafkeun* |
![]() |
| Marina By Sands #SingaporeBangets |
![]() |
| Garden By The Bay |
![]() |
| Garden By The Bay di malam hari |
![]() |
| Sambil menunggu pertunjukkan Water Night Show |
Esoknya tanggal 6 Juli 2016
Pagi-pagi kita mau ke Merlion Park dan jalan-jalan disekitarnya
Pagi-pagi kita mau ke Merlion Park dan jalan-jalan disekitarnya
![]() |
| Akhirnya #SingaporeBanget |
Kemudian kita ke China Town, disini surga belanja oleh-oleh selain Bugis Street, semuanya serba 5pcs $S10, makanan juga banyak dan enak banget T.T berasa di Jl Gajahmada Pontianak, wkwk
![]() |
| Penampakan China Town |
Nah, pas ke Bugis street itu udah gak sempat foto-foto, disana kita borong oleh-oleh, terus juga karena alasan keselamatan karena rame banget, disinilah sepatu baru saya rusak dan mesti diganti T.T kasian banget sih nasib backpacker ini... wkwk
Setelah puas berbelanja, kita menuju perjalanan pulang untuk beres-beres dan kembali jalan untuk malam terakhir di Singapura ke Clark Quay ...
![]() |
| Tempat nongkrong tempat cafe-cafe bertebaran |
![]() |
| Maaf muka kayak "Valak" soalnya gak dandan wkwk |
![]() |
| Maaf kamera belum mendukung Mirrorless atau Action Cam wkwk |
![]() |
| Penutup yang manis |
Esok pagi, tanggal 7 Juli 2016 kita udah siap jalan ke Harbour Front menuju Batam, setelah itu kita naik pesawat pukul 12.00 WIB siang ke Pontianak, dan sampai ke rumah masing-masing dengan selamat.
Demikian kisah perjalanan backpackerku bersama teman-teman sekalian, banyak moment dan tempat yang belum kita explore di Singapore sebenarnya karena keterbatasan waktu dan pengetahuan, serta banyak makanan yang tidak terdokumentasi ya, karena waktu itu masih belum hits-nya Instastory ya yang apa-apa direkam wkwk...
Lain waktu semoga Tuhan kasih kesempatan lagi untuk jalan lagi ke Singapore, Amin :D hehehe
Terima kasih yang sudah mampir ke blog-ku ya ^^
Maaf jika banyak kekurangan dalam blog ini.
















































1 komentar
eaaaaa :D asik ya cin main2 di SG nya
BalasHapusBerikan saran terbaikmu untukku 😊