#REVIEWJUJUR HASIL INVESTASI DI BIBIT SELAMA 1 TAHUN
Setelah sekian lama tulisan ini masuk draft, akhirnya tulisan ini aku rampungkan untuk di publish setelah satu tahun berinvestasi bersama Bibit - Aplikasi Investasi Reksadana kesayangankuh
dari Juli 2019 sampai Juli 2020.
Setelah satu tahun berinvestasi di Bibit, banyak pula kita lewati kejadian-kejadian secara nasional maupun global yang mempengaruhi kinerja Reksadana terutama Reksadana Saham. Karena Profil risiko saya cenderung Konservatif Moderat, saya tidak banyak memegang Reksadana Saham yang paling banyak terpukul karena isu global sekarang ini, bahkan terakhir Juli saya jual semua Reksadana Saham saya yang tetap minus dalam karena tidak pernah saya average
Mental tempe soalnya.
Ini penampakan terakhir hasil investasi kenaikan porto saya secara keseluruhan 3%. Nominal Porto saya kog gak keliatan ? ini pake Fitur "Sembunyikan Portofolio" hehehe ...
Suka duka selama berinvestasi di Bibit :
Dukanya dulu deh ya ...
- Waktu awal invest di Bibit masih gak fokus tujuan investasi sehingga yang terjadi beli banyak reksadana yang keliatan returnnya paling tinggi, sehingga gak fokus besarin satu reksadana dan dana terpecah-pecah, padahal terlalu banyak reksadana membuat kita gak fokus untuk kejar return loh, terus kalau kamu mau jual, jika Bank Penambung beda, akan dikenakan biaya Rp. 3.500 setiap pencairan/ penjualan.
- Masih awam dan euforia haus akan informasi ,terlalu banyak menganalisa jadi Over Thinking, Panic Buying everyday
mantau IHSG ngalah-ngalahin trading saham atau Forex padahal Reksadana Saham tidak perlu dipantau ribet, kan kita udah percayakan Manager Investasi kelola dana kita
bener-bener deh!
- Terlalu banyak ikut-ikutan teman tanpa pertimbangan lebih banyak dan belajar sedikit lebih rajin untuk menganalisa dan terlalu greedy untuk kejar return tertinggi
yang pada akhirnya ketika Reksadananya minus, menyesal .... gak bilaanggg.... sayaaanggg .... (nyanyiin dah)
- Uang makan bulanan jadi gak semestinya, yang harusnya bisa makan layak jadi makan kurang layak karena duit dapur di pakai buat Top-up terus karena panic buying everyday tadi
ada positifnya sih, porto gak sadar jadi makin banyak ya ... hehehe
Sukanya di Bibit ...
- Sering adain Giveaway-Giveaway hadiah Reksadana, Author sendiri udah 2 kali pernah menang, bikin makin semangat
ternyata keberuntungan masih ada dijiwaku (gitu rasanya)
- Sering ada promo cashback, mulai dari cashback Rp. 5.000 , Rp. 10.000 , Rp. 25.000 (cashback kode referal), Rp. 50.000 semua kalau bisa diikutin
- Kalau ada kendala dalam berinvestasi dengan Bibit, langsung bisa tanya ke CS Bibit, ke grup Komunitas Telegram di Bibit, semuanya siap bantu
just like have a bestfriend wherever, whenever, however you need them.
- Gampang investasi Reksadana di Bibit gak ngerti lagi sih mau bilang apa 
Ini Author kasih lihat Reksadana apa aja yang sekarang Author punya yah ... Gak mau banyak-banyak kayak dulu lagi yang bisa punya Reksadana sampai belasan
susah kasih makannya biar cepat besar.
Dulu saking rajin dan euforianya, kita-kita diskusi di grup Telegram Bibit waktu member masih 9000an dan buat rumus excel buat history pembelian dan penjualan Reksadana untuk nentuin kapan kira-kira kalau beli reksadana mesti berapa bakal minus atau plus hasilnya. Mungkin kalian bisa coba otak atik dan mau coba sendiri, siapa tahu bermanfaat, file-nya bisa kalian download DISINI ya
file yang ada adalah produk-produk reksadana yang dulu Author punya
sebanyak itu yaowo
Sekarang Author sudah tidak terlalu memperhatikan Pasar setiap hari, karena Reksadana Saham sudah tidak punya, tidak perlu mengorbankan uang dapur untuk top-up tiap hari, dan menurut Author, Reksadana Pasar Uang dan Obligasi tidak terlalu berpengaruh terhadap IHSG
yang paling penting DCA dan rutin investasi setiap bulan langsung sisihkan aja gak pake ribet, hehehe ...
Kesimpulannya, selama berinvestasi Reksadana menggunakan Bibit, Author benar-benar suka pake banget, gak pernah segampang ini berinvestasi, user friendly, dan harga reksadana yang sangat amat terjangkau, tukang cilok mah juga bisa, anak SD SMP juga bisa invest segitu (Rp. 10.000 udah bisa cuyy)
sayangnya mesti minimal 17 tahun dulu baru bisa registrasi yaa ...
Kalau Sobit, punya pengalaman suka duka apa selama pakai Bibit ? boleh dong drop comment 
Makasih udah mampir baca yah!









0 komentar
Berikan saran terbaikmu untukku 😊